--> Skip to main content

Contoh SK Komite Sekolah SD Tahun 2020

Contoh SK Komite Sekolah SD Tahun 2020 - Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah bertugas diantaranya memberikan pertimbangan kepada pihak sekolah dalam membuat kebijakan seperti penyusunan rencana kerja anggaran sekolah, pembuatan fasilitas sekolah, kerjasama dengan pihak luar, dan lain-lain.

Selain memberi masukan-masukan, komite sekolah juga berperan dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya proses pendidikan. Dengan demikian akan terwujud check and balance diantara kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana, dengan komite sebagai pengawasnya.

Apakah komite berperan terhadap kemajuan sekolah?

Sudah pasti. Sekolah yang maju dimanapun berada, pasti tak lepas dari peran komite yang turut mendukung terwujudnya program-program baru. Jika komite bersikap pro aktif, maka sekolah akan lebih mudah dalam merealisasikan ide-ide agar sekolahnya lebih maju. Sebaliknya, jika komitenya kurang peduli, dipastikan sekolah akan terhambat karena kurangnya dukungan.

Lalu, siapa yang berhak menjabat sebagai anggota komite sekolah?

Sesuai Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016, anggota komite sekolah berjumlah paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang, dengan komposisi sebagai berikut:

  • orang tua/wali dari siswa yang masih aktif (paling banyak 50%)
  • tokoh masyarakat (paling banyak 50%)
  • pakar pendidikan (paling banyak 50%)

Pemilihan komite sekolah hendaknya dilakukan secara demokratis melalui rapat orang tua siswa, sehingga benar-benar terpilih anggota yang mampu mengemban tugas tersebut. Masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah sendiri paling lama 3 tahun dan dapat dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan.

Nah, setelah anggota komite sekolah terpilih, maka tugas dari kepala sekolah adalah membuat Surat Keputusan (SK) Komite Sekolah, berikut ini adalah contoh format SK Komite Sekolah yang bisa anda unduh melalui link di bawah ini:

Contoh SK Komite Sekolah SD Tahun 2020

Demikian informasi tentang contoh SK Komite Sekolah bagi anda yang membutuhkannya. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar