Juknis KSN (OSN) SD Tahun 2020

juknis osn sd 2020

Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD (OSN-SD) atau yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) telah dirintis sejak tahun 2003 meupakan salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas atau sportivitas siswa. Pelaksanaan OSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang telah berlangsung sejak 2001, maka sebagian kewenangan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan pendidikan dilimpahkan pada daerah, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Namun demikian, standarisasi mutu penyelenggaraan pendidikan tetap menjadi tanggungjawab pemerintah pusat. oleh karena itu, usaha-usaha untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan perlu dilakukan secara sistematik, komprehensif, dan berkelanjutan.

Penguatan mutu pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi. Upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik. Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap, dan budi pekerti peserta didik.

Kompetisi Sains Nasional untuk peserta didik SD (KSN-SD) Tahun 2020 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya kualitas pendidikan di daerah masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas nasional.

Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Adapun tema KSN-SD Tahun 2020 adalah “Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan”. Jadwal pelaksanaan tingkat nasional dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 27 Juni 2020 di Surabaya. Peraih juara dalam OSN-SD akan memperoleh tropfi, medali, uang pembinaan, piagam penghargaan, sertifikat, dan beasiswa.

Berikut ini dokumen lengkap petunjuk pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SD tahun 2020.

Download Juklak KSN-SD 2020

Bacaan Rekomendasi:

  1. Kisi-Kisi Soal KSN-SD Bidang IPA
  2. Kisi-Kisi Soal KSN-SD Bidang Matematika
Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.