Skip to main content

RPP Inspiratif dari Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Kemdikbud

Telah kita ketahui bersama, mulai tahun 2020 ini ada perubahan signifikan dalam pembuatan RPP oleh guru. Perubahan itu tak lain adalah penyederhaan RPP yang hanya terdiri dari 3 komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Ketiga komponen itu, selama dirasa cukup, boleh dibuat hanya 1 halaman saja.

Sebelum kebijakan ini ada, tentu kita sama-sama merasakan penyusunan RPP yang sangat rumit. Ada keharusan mencantumkan 13 komponen dalam RPP. Bukan hanya itu, redaksi untuk tiap-tiap komponen kadang juga diperdebatkan.

Seperti contoh, pada langkah-langkah pembelajaran, ada yang cukup dengan 2 kolom terdiri dari kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu. Namun ada juga menuntut harus detail, mencakup apa saja aktivitas guru dan aktivitas siswa berikut waktu untuk tiap-tiap kegiatan.

Hal tersebut kadang malah membuat guru terjebak pada rutinitas administrasi. Padahal esensi yang sebenarnya adalah bagaimana guru melaksanakan aktivitas mengajar di depan kelas. Dan faktanya, guru yang mampu membuat administrasi RPP yang super lengkap, belum tentu mampu mengimplementasikannya dengan baik.

Dan syukur alhamdulillah, kerisauan guru ini direspon dengan baik oleh Mendikbud. Mulai tahun 2020 ini, RPP cukup dibuat sederhana saja. Waktu yang dikeluarkan untuk menyusun RPP tidak boleh menghambat tugas penting yang sebenarnya, yaitu mengajar dan membimbing siswa.

Seperti apa contoh RPP 1 halaman yang baik itu?

Sejak kebijakan baru ini dikeluarkan, banyak yang mulai bereksperimen membuat RPP 1 halaman, dengan hanya mencantumkan 3 komponen utama. Namun sayangnya, tampilan atau lay out nya sama dengan RPP konvensional. Jadi, terkesan hanya mencomot poin-poin dari RPP lama, kemudian diringkas menjadi 1 halaman saja.

Nah, disini Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Balitbang Kemdikbud telah mengeluarkan format RPP yang bisa dicontoh oleh rekan-rekan guru, yang dinamakan RPP Inspiratif. Tampilan RPP model ini sangat inovatif, menyerupai infografis dengan warna yang beragam. Jauh berbeda dengan tampilan RPP lama yang terkesan kaku.

Berikut ini salah satu tampilan RPP Inspiratif.

Bagi anda yang ingin mengunduh contoh RPP Insipratif yang lengkap, silahkan mengunduh pada link di bawah ini:

RPP Inspiratif dari Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Kemdikbud Unduh

Kebetulan, beberapa waktu lalu saya juga sempat membuat RPP 1 halaman dengan lay out bebas dan berwarna seperti ini. Bagi anda yang ingin melihat dan mengunduhnya, silahkan menuju halaman RPP Kelas 6 Tema 6 (Format 1 Lembar).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar