Skip to main content

Pedoman, Tema dan Logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020

Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat Hardiknas merupakan salah satu hari besar bukan hanya bagi insan pendidikan, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Hardiknas mengingatkan kita pada sosok Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, yang telah memberikan ajaran-ajaran yang menjadi dasar pendidikan kita saat ini. Peringatan Hardiknas dari tahun ke tahun selalu semarak, khususnya di lembaga pendidikan pada semua jenjang.

Namun seperti diketahui, peringatan Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei esok masih berada dalam situasi kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19, sehingga upacara di instansi/lembaga ditiadakan. Ya, upacara bendera yang telah menjadi bagian penting dari perayaan hari besar, kali ini ditiadakan. Selain peniadaan upacara, ada beberapa ketentuan lain yang disampaikan oleh Kemendikbud berkenaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasinal Tahun 2020.

Berikut ini pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020:

Upacara Bendera

a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 meniadakan Penyelenggaraan Upacara Bendera yang umumnya wajib diselenggarakan di setiap kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.
c. Mengimbau instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud Ri dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Tema dan Logo Peringatan

a. Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 adalah "Belajar dari COVID-19".
b. Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 sebagai berikut.

Unduh Logo PNG // JPEG // PDF

c. Logo Hari Pendidikan Nasional 2020 serta Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.
d. Mengimbau agar satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.

Ragam Aktivitas

a. Mengimbau setlap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatantaktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.
b. Aktivitas/kegiatan altematif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat COVID-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.
c. Mengimbau insan pendidikan untuk menyaksikan program peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 "Belajar dari COVID-19" di TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 s.d. 20.30 WIB.

Sumber : Surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 (Kemdikbud)

Demikian informasi yang bisa saya bagikan pada postingan ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar