--> Skip to main content

Tips Memperingati Hari Kartini 2020 di Rumah

Peringatan Hari Kartini ke-141 tahun 2020 dapat dipastikan tak semeriah tahun-tahun lalu. Itu karena kita masih harus di rumah saja akibat mewabahnya covid-19. Tapi, apakah kita tidak bisa merayakan hari besar ini?

Tentu saja masih bisa. Seperti kita ketahui bersama, pemerintah telah melarang berbagai macam akitivitas yang bersifat massal atau mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Sehingga peringatan ini akan tergantung inisiatif masing-masing. Nah, apa saja aktivitas yang bisa kita lakukan?

1. Mengumpulkan donasi dan bakti sosial

Hal paling urgent dalam situasi saat ini adalah saling menyisihkan uang yang dimiliki untuk membantu mereka yang membutuhkan. Mungkin selama ini anda sudah melakukannya. Tapi untuk peringatan Hari Kartini, kita bisa menyisihkan uang kita untuk pembuatan masker, disinfektan, atau alat kesehatan lainnya khusus untuk perempuan-perempuan yang harus tetap bekerja di luar. Mulai dari tenaga medis sampai ibu-ibu penjual di tepi jalan. Bagaimanapun, keberadaan perempuan di ranah publik juga berkat andil R.A Kartini, kan?

2. Membuat puisi atau quotes Hari Kartini dan membagikan di media sosial

Di saat banyak orang sedang berada di rumah seperti ini, maka media sosial sering menjadi pilihan untuk menemani. Nah, ini menjadi kesempatan bagi kita untuk ikut menyebarkan unggahan positif seperti membuat puisi atau quotes R.A Kartini. Setidaknya, 21 April nanti konten Kartini bisa menjadi trending di media sosial, untuk menunjukkan bahwa kita tetap mengingat jasa sang pahlawan meskipun sedang berada di masa sulit.

3. Berdiskusi bersama keluarga tentang peran sosok Kartini

Ayah dan ibu bisa mengisi tanggal 21 April untuk berbagi kisah perjuangan R.A Kartini kepada putra-putrinya. Semangatnya dalam mencerdaskan kaum perempuan, serta upayanya dalam mengangkat harkat dan martabat wanita bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk anak-anak di rumah.

4. Menggunakan waktu yang berkualitas bersama ibunda tercinta

Pada tahun-tahun lalu, seringkali kita memperingati hari Kartini di luar rumah, entah di sekolah atau di tempat kerja. Jadinya, kita sering lupa memperingati hari besar ini bersama sosok perempuan yang paling berjasa dalam hidup kita. Nah, momen #dirumahaja ini merupakan kesempatan bagus untuk menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas bersama ibunda tercinta.

5. Memberikan hadiah atau kado untuk perempuan spesial

Setiap orang pasti memiliki sosok perempuan spesial di hidunya. Tidak hanya ibu, mungkin juga ada perempuan lain yang menginspirasi hidupnya. Momen hari Kartini bisa kita manfaatkan untuk memberikan kado spesial kepada wanita-wanita yang telah berjasa dalam hidup kita.

Baca juga : Mengapa Harus Kartini, Bukan Dewi Sartika Atau Maria Walanda Maramis?

Demikian beberapa cara yang bisa kita pilih untuk tetap bisa memperingati Hari Kartini 2020. Memang, perayaannya tidak mungkin bisa meriah. Namun yang terpenting, semangat juang pahlawan ini harus terpatri dalam diri kita dan kita implementasikan dalam kehidupan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar