Skip to main content

Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

seleksi pppk guru

Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 - Pemerintah memastikan membuka perekrutan/seleksi PPPK (P3K) Formasi Guru pada tahun 2021. Hal ini berdasarkan estimasi Kemendikbud bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri saat ini mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak.

Kesempatan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi P3K terbuka untuk:

  1. Guru honorer baik sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik.
  2. Lulusan PPG yang saat ini tidak mengajar.

Nah, jika anda termasuk kategori di atas, jangan sampai tertinggal info penting ini khsususnya terkait waktu pengumuman pendaftaran, jadwal seleksi, dan tahapan berikutnya.

Prinsip pelaksanaan seleksi P3K yaitu transparan, akuntabel, efektif, efisien dan terintegrasi. Adapun tahapan pengadaan ASN meliputi Perencanaan, Pengumuman Lowongan, Pelamaran, Seleksi, Pengumuman Hasil Seleksi, dan Pengangkatan. Sedangkan Tim Pengadaan ASN (Panitia Seleksi Nasional) terdiri atas lintas instansi antara lain Kemenpan-RB, Kemendikbud, Kemendagri, BKN, BPKP, BSSN, BPPT.

Berapa usia pelamar PPPK?

Dengan melalui jalur PPPK, maka persyaratan usia pelamar dari 20 tahun s.d. 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang dilamar (untuk guru s.d. 59 tahun).

Baca juga: Perbedaan antara PNS dan PPPK

Ketentuan Pendaftaran

Alur pendaftaran SSCASN-PPPK secara garis besar meliputi:

  • Pembuatan Akun
  • Pendaftaran
  • Pencetakan Kartu Ujian

Pendaftaran terintegrasi dengan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dapodik) dan Data Kependudukan (Dukcapil). Adapun verifikasi data di atas akan dilakukan oleh Tim Kemendikbud.

Peserta yang lolos verifikasi berhak mengikuti seleksi yang dilaksanakan melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Selanjutnya dilakukan pengolahan nilai dan bagi peserta yang lolos akan diajukan pengusulan Nomor Induk (NI PPPK).

Itulah garis besar alur pelaksanaan seleksi PPPK Guru tahun 2021. Kiranya informasi awal ini bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan persiapan. Bagi yang belum masuk dapodik agar segera mengajukan diri ke dinas pendidikan setempat sebab menjadi syarat untuk bisa ikut seleksi. Dan bagi yang sudah memenuhi syarat bisa mempersiapkan diri seperti dengan mempelajari soal-soal SKD dan SKB CPNS mulai saat ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar