Verifikasi Rekening Sekolah untuk Penyaluran BOS 2021

Cek Status Verifikasi Rekening BOS

Verifikasi Rekening Sekolah untuk Penyaluran BOS 2021 - Seperti kita ketahui, saat ini penyaluran dana BOS dilakukan secara langsung dari pusat ke rekening sekolah. Maka dari itu, kebenaran data nomor rekening sekolah yang kita kirim menjadi sangat penting agar dana BOS yang disalurkan tepat sasaran.

Pada awal tahun lalu (2020), sekolah diminta untuk melakukan update rekening di laman bos.kemdikbud.go.id. Hal itu dimaksudkan agar sekolah mengecek kembali data nomor rekening yang tersimpan di database pusat, sehingga jika ada perubahan dari sebelumnya, semisal berganti dari rekening biasa ke rekening giro, bisa segera melakukan perubahan.

Untuk tahun ini (2021), kita hanya diminta untuk memastikan apakah status verifikasi rekening kita sudah verifikasi, belum verifikasi, atau gagal verifikasi. Sebenarnya jika dalam penyaluran BOS tahun lalu tidak ada masalah dan tahun ini tidak ada perubahan, maka bisa dipastikan statusnya sudah verifikasi.

Namun tetap menjadi kewajiban kita untuk mengeceknya guna memastikan status nomor rekening tersebut sudah verifikasi.

Saat ini, ketika kita membuka laman bos.kemdikbud.go.id (sebelum login) maka akan muncul himbauan:

Pastikan Status Verifikasi Rekening Sekolah Sebelum 20 Januari 2021

Untuk kelancaran penyaluran Dana BOS, sangat disarankan Sekolah untuk memastikan status Rekening: Sudah Verifikasi atau Berhasil Verifikasi.

Rekening yang akan mendapatkan prioritas adalah rekening dengan status verifikasi: Sudah Verifikasi atau Berhasil Verifikasi

Bagi sekolah yang status verifikasi rekening:

  1. Sudah atau Berhasil Verifikasl: Sudah tidak ada kendala dalam penyaluran karena sudah sama dengan verifikasi Bank
  2. Belum Verifikasi: Bank belum melakukan verifikasi, mohon tunggu update verifikasi Bank di BOS Salur
  3. Gagal Verifikasi: Data rekening yang diinput sekolah berbeda dengan hasil verifikasi Bank. Silakan koordinasi dengan Bank untuk proses verifikasi

Nah untuk memastikan status verifikasi rekening sekolah, Bapak Ibu bisa melakukan langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke bos.kemdikbud.go.id. Pilih login type: Sekolah, lalu login menggunakan email dan password dapodik.

2. Di menu dashboard kita sudah langsung bisa melihat status verifikasi rekening.

verifikasi rekening bos

3. Cek pula di menu konfirmasi rekening, pastikan status verifikasi rekening Berhasil Verifikasi.

konfirmasi rekening bos

Demikian informasi singkat yang bisa saya bagikan kali ini, semoga penyaluran dana BOS ke lembaga Bapak Ibu di tahun 2021 ini tidak ada kendala. Semoga bemanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.