Skip to main content

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2021

Hari Pers Nasional tahun ini jatuh pada tanggal 9 Februari 2021. Tahukah anda mengapa HPN diperingati tiap tanggal 9 Februari?

Penentuan tanggal tersebut didasarkan pada hari ulang tahun PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) yang dibentuk pada tahun 1946. Dasar peringatan HPN adalah Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, dimana saat itu Presiden Soeharto menyatakan bahwa pers nasional Indonesia memiliki sejarah perjuangan dan peranan penting dalam mendukung pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Sejak saat itu, HPN selalu diperingati tiap tahunnya untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan wartawan zaman dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan pers di Indonesia.

Satu hal yang unik adalah setiap tahunnya puncak peringatan HPN selalu dipusatkan bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Tahun 2021 ini, DKI Jakarta terpilih menggelar puncak perayaan. Pemilihan provinsi DKI Jakarta karena memiliki banyak fasilitas yang telah memenuhi standar penyelenggaraan sebuah acara dengan mematuhi protokol kesehatan.

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2021

Tema : “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”

logo hari pers nasional

Unduh logo PNG disini atau PDF disini

HPN tahun ini diisi dengan serangkaian kegiatan, diantaranya adalah konvensi media massa yang akan membahas visi pers di masa sulit akibat pandemi serta bagaimana tantangan dan solusinya. Selain itu ada juga penyerahan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia. Anugerah ini diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang telah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan di media massa.

Untuk acara puncak yang dipusatkan di Ancol, Jakarta akan diikuti secara virtual oleh ribuan wartawan dari seluruh Indonesia serta anggota organisasi konstituen Dewan Pers.

Peran pers sebagai salah salah satu sumber pembuatan dan penyebaran informasi sangat penting. Sebab, boleh dikatakan kalau saat ini informasi merupakan kebutuhan manusia. Informasi telah menjadi makanan sehari-hari manusia pada masa kini.

Dengan adanya peringatan HPN tahun ini, semoga keberlangsungan dan kebebasan pers di Indonesia bisa tetap terjaga agar terus menyebakan informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat. Jayalah Pers Indonesia!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar