Skip to main content

8 Tips Sukses Menjadi Bendahara BOS

tugas bendahara bos, tips sukses sebagai bendahara bos

Guru yang ditunjuk sebagai bendahara BOS umumnya adalah guru pilihan. Di samping menjalankan tupoksi sebagai guru, ia dinilai mampu mengemban tugas tambahan mengelola dana BOS yang merupakan sumber keuangan utama sekolah.

Maka tidak heran jika ada yang menyebut bendahara BOS adalah jantungnya sekolah. Sebab bersama kepala sekolah, dialah yang mengatur anggaran dan menentukan bisa atau tidaknya kegiatan sekolah dijalankan.

Dalam praktiknya, tugas bendahara di lembaga bisa bermacam-macam. Ada bendahara yang hanya mengelola keuangan saja, sementara administrasi pencatatan dan pelaporan diserahkan kepada guru lain, seperti operator sekolah yang dinilai lebih cakap dengan teknologi. Ada pula bendahara yang mengerjakan secara penuh tugasnya, mulai dari pengelolaan hingga administrasi dan pelaporan.

Apapun itu, jika anda sudah ditetapkan sebagai bendahara BOS maka tugas yang anda ampu harus anda kuasai. Dan berdasarkan pengalaman admin dan rekan bendahara lain, menjadi bendahara BOS memang tidak mudah. Diperlukan kiat khusus agar tugas ini bisa berjalan dengan baik dan tidak ada masalah di kemudian hari.

Tips Sukses Menjadi Bendahara BOS

Berikut ini tips menjadi bendahara BOS yang bisa anda lakukan.

1. Punya kemauan yang kuat

Yang pertama dan paling utama adalah punya komitmen tinggi untuk mengemban amanah bendahara. Anda yang punya kemauan kuat, otomatis selalu terpacu untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya. Jika anda belum tahu, anda akan bertanya pada orang yang lebih tahu. Jika anda belum bisa, maka anda akan belajar pada orang yang sudah bisa tanpa menunggu perintah.

2. Menguasai office dasar, seperti excel

Pencatatan keuangan BOS sebenarnya tidak memerlukan keahlian akuntansi yang rumit, karena guru belum tentu mahir di bidang itu. Namun bukan berarti anda tidak perlu menguasai aplikasi yang mempermudah pekerjaan anda. Untuk membantu pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang sangat populer yaitu microsoft excel.

3. Memahami Juknis BOS

Petunjuk Teknis (Juknis BOS) merupakan dasar atau acuan pengelolaan dana BOS. Juknis BOS dituangkan dalam Permendikud yang terus diperbarui. Bendahara BOS harus update dengan juknis terbaru dan memahami isinya. Di dalamnya dijelaskan apa saja pengeluaran yang boleh dan tidak boleh diambil dari dana BOS, bagaimana cara pelaporan BOS, dan semua hal lain terkait tugas pokok anda.

Baca: Juknis BOS Terbaru (Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020)

4. Selalu memperhatikan RKAS setiap melakukan transaksi

Di awal tahun, sekolah pasti menyusun RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) yang berisi rencana pengeluaran sekolah selama satu tahun ke depan. RKAS yang lengkap, detail dan terperinci akan memudahkan anda dalam mengeluarkan dana BOS sesuai pos masing-masing. Jika memang ada perubahan dari rencana awal, maka itu perlu dikoordinasikan bersama tim manajemen BOS.

5. Berkoordinasi dengan sesama tim manajemen BOS

Secara berkala, anda perlu menyampaikan kondisi keuangan BOS khususnya kepada tim manajemen BOS. Jika mengalami kendala permasalahan terkait BOS, segera sampaikan kepada mereka untuk meminta solusi.

Baca juga: Contoh SK Tim Manajemen BOS Tahun 2021

6. Aktif dalam forum dan komunitas BOS

Saat ini, di wilayah anda pasti ada grup media sosial (whatsapp) sebagai media berbagi informasi seputar BOS. Aktiflah di grup tersebut. Aktif disini bukan berarti terus menerus berkomentar tapi cukup dengan mengikutinya secara intens agar tidak tertinggal informasi-informasi terbaru.

7. Bertukar informasi dengan sesama bendahara BOS sekolah lain

Seringkali ada masalah yang kita temukan di sekolah kita dan belum ditemukan solusinya. Maka, salah satu caranya kita bisa dengan bertemu dengan bendahara BOS lembaga lain untuk meminta gambaran tentang pengelolaan BOS di lembaganya. Dengan bertemu sesama bendahara, kita juga bisa saling bertukar ilmu terkait teknis pengerjaan BOS.

8. Berusaha transparan kepada semua pihak

Selama anda menjalankan tugas dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, maka anda tidak akan merasa terbebani ketika harus menjelaskan kondisi keuangan BOS kepada siapapun, baik jumlah dana yang diterima dan dana yang dikeluarkan sekaligus peruntukannya. Dengan bersikap transparan, maka kepercayaan akan datang bukan hanya kepada anda, tapi juga kepada lembaga/sekolah tempat anda bekerja.

Demikian tips yang bisa admin berikan kepada rekan-rekan semua yang ditunjuk sebagai bendahara BOS. Selamat bekerja dan mudah-mudahan tidak ada masalah berarti terkait dana BOS di sekolah kita masing-masing.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar