Contoh Format Laporan PPL PPG Dalam Jabatan

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan program akademik yang sudah ada sejak pertama kali PPG diselenggarakan. Dalam kegiatan ini, mahasiswa selain melaksanakan praktik pembelajaran juga terlibat dalam kegiatan yang ada di sekolah mitra tersebut.

Pada praktiknya, bentuk pelaksanaan PPL bergantung situasi yang terjadi. Dalam situasi normal, PPL dilaksanakan secara luring di sekolah mitra (ditentukan pihak LPTK) dimana mahasiswa mengikuti aktivitas di sekolah tersebut secara langsung.

Namun untuk PPG saat ini, PPL disesuaikan dengan memilih sekolah tempat mahasiswa mengabdi sebagai sekolah mitra dan dilaksanakan secara daring maupun luring.

Satu hal yang paling penting setelah mahasiswa PPG menyelesaikan masa PPL adalah menyusun laporan. Laporan PPL termasuk salah satu penilaian yang menentukan kelulusan PPG, sehingga kita harus berusaha menyusunnya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai ketika melaksanakan PPLsudah maksimal, tiba waktunya menyusun laporan tidak maksimal. Ini bisa merugikan mahasiswa.

Secara umum, isi laporan ini berisi deskripsi pengalaman selama menjalani PPL, mulai dari observasi, wawancara serta pengalaman penting lain yang layak didokumentasikan. Selain itu, ada pula refleksi diri serta studi kasus dan solusi/tindakan yang sudah dilakukan.

Baca juga: Contoh Soal Uji Komprehensif PPG Dalam Jabatan

Terkait format laporan PPL, biasanya sudah diberikan oleh LPTK (dosen pembimbing) begitu mahasiswa selesai menjalani PPL. Namun tidak ada salahnya jika saya mencoba membagikan contoh format laporan PPL yang mungkin rekan-rekan butuhkan.

Berikut ini contoh format laporan PPL PPG Daljab. Jika anda berminat, silakan mengunduh melalui tautan di bawah ini.

Laporan PPL PPG

Contoh Format Laporan PPL PPG (PDF)

(Mohon dibenahi jika ada kesalahan dari format di atas)

Demikian yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu semua.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.