Skip to main content

Logo dan Tema Hari Santri Nasional Tahun 2021

Memasuki bulan Oktober tiap tahun, para santri di seluruh penjuru negeri memiliki agenda penting. Sebab tanggal 22 bulan ini, menjadi hari besar nasional yang dikhususkan untuk memperingati perjuangan para santri di Indonesia.

Hari Santri Nasional mulai diperingati tahun 2015 melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015. Tanggal 22 dipilih karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin KH. Hasyim Asy’ari sebagai upaya untuk mengobarkan semangat pejuangan dalam mempertahankan NKRI dari Belanda.

Setiap tahun, peringatan Hari Santri selalu diperingati dengan berbagai macam agenda. Termasuk tema dan logo yang selalu diperbarui. Bagaimana logo dan apa tema Hari Santri tahun 2021?

Saat ini, Kementerian Agama telah mengumumkan logo dan tema peringatan hari Santri. Berikut logonya:

logo hari santri 2021

Unduh logo (PNG) disini.

Tema: Santri Siaga Jiwa dan Raga

Filosofi/Makna Tema dan Logo Hari Santri 2021

Tema “Santri Siaga Jiwa Raga” merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selatu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membeta tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Siaga Jiwa berarti santri tidak tengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Istam rahmatan firalamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Filosofi Logo:

filosofi logo hari santri 2021
  • Sholat : Berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
  • Sujud : Sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.
  • Kebersamaan : Selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.
  • Semangat : Dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.
  • Berbagi : Berbagi untuk sesama, dan berbagi untuk Indonesia.

Hari Santri adalah momen sakral, dimana jutaan Santri selalu merindukan kemeriahannya. Dedikasi santri untuk negeri tidak hanya melulu tentang rohani, namun juga semangat pantang menyerah dan selalu siaga dalam menghadapi masalah dan musibah.

Demikian informasi tentang salah satu peringatan hari besar nasional yaitu Hari Santri Nasional Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Sumber informasi : https://www.kemenag.go.id/read/ini-filosofi-tema-dan-logo-hari-santri-2021-yknlp

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar