Skip to main content

Nilai Minimal Kelulusan UP dan UKIN UKMPPG 2021

batas nilai lulus up

Masa-masa persiapan mengikuti UP (Uji Pengetahuan) sering memunculkan banyak pertanyaan. Saat kita bertanya pada alumni PPG, maka akan ada jawaban yang beragam baik terkait teknis UP, soal-soal yang muncul, atau batas nilai kelulusan. Sementara di sisi lain kita sangat berharap bisa langsung lulus UP pada kesempatan pertama, tanpa harus mengulang yang pasti menambah biaya dan waktu yang harus dikeluarkan.

Salah satu pertanyaan yang selalu muncul adalah “Berapa nilai minimal kelulusan UP?”. Pertanyaan ini sebenarnya akan mudah terjawab seandainya peserta PPG sebelumnya (yang sudah menerima pengumuman hasil kelulusan) mengetahui berapa skor/nilai yang diperoleh. Sehingga angkatan selanjutnya bisa membandingkan dan memiliki patokan berapa nilai yang harus dikejar agar dinyatakan lulus.

Kenyataannya tidak demikian. Panitia Nasional UKMPPG hanya mengumumkan status lulus/tidak lulus kepada peserta tanpa menyertakan nilai/skor. Sehingga pertanyaan tentang berapa nilai minimal (KKM) kelulusan akan muncul setiap tahun.

Untuk mengetahui batas kelulusan (passing grade) UP dan UKin, sebenarnya kita bisa melihat pada Buku Panduan Umum UKMPPG 2021 yang dirilis oleh Kemendikbudristek, dimana disitu tertera:

Adapun patokan yang digunakan adalah kriteria "baik" yang merujuk pada batas kelulusan nilai minimal 70 (UP minimal 70 dan UKin minimal 70). Hal ini berkesesuaian dengan pasal 27 ayat 3 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Mahasiswa yang belum mencapai batas minimal kelulusan diberi kesempatan untuk menempuh ujian ulang asalkan masih dalam batas masa studi PPG (3 tahun).

Berdasarkan ketentuan di atas, maka kita bisa menghitung berapa minimal soal yang benar untuk hasil lulus. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 120 butir soal, maka setidaknya ada 84 soal yang benar untuk skor akhir sama dengan atau di atas 70 (dengan catatan bobot masing-masing soal sama).

Demikian sedikit paparan tentang batas kelulusan UP dan UKin UKMPPG 2021. Kembali kepada diri masing-masing apakah sangat perlu mengetahui passing grade UKMPPG, mengingat banyak juga peserta yang tidak ingin tahu karena sudah pasti ingin menjawab soal semaksimal mungkin dan memperoleh hasil/nilai sebaik mungkin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar