Skip to main content

Cek Jumlah Dana BOS Salur yang Diterima Sekolah

Ada pertanyaan dari beberapa rekan bendahara mengenai berapa jumlah dana BOS yang akan masuk ke rekening sekolah? Pertanyaan ini muncul ketika rekan bendahara sedang menyusun RKAS Perubahan untuk penggunaan BOS Tahap 3, dimana besar dana yang diterima kemungkinan akan berbeda dengan RKAS awal tahun karena perbedaan jumlah siswa setelah tahun ajaran baru.

Sebenarnya untuk mengetahui jumlah dana BOS yang akan diterima, kita bisa menghitung dari prosentase tiap tahap. Dengan ketentuan 30% untuk tahap 1, 60% untuk tahap 2, dan 30% untuk tahap 3, maka jika kita ingin mengetahui dana BOS reguler yang diterima pada tahap 3, bisa kita hitung 30% dikalikan satuan biaya BOS masing-masing daerah dikalikan jumlah siswa hasil cut off 31 Agustus lalu.

Selain dengan perhitungan di atas, jumlah dana BOS salur juga bisa kita lihat di laman bos.kemdikbud.go.id, dengan catatan sudah muncul SK Salur. Jadi meskipun dana BOS belum dikirim ke rekening sekolah tetapi sudah ada SK, jumlah dana BOS sudah bisa kita lihat. Seperti tampilan pada menu “Daftar Penyaluran” berikut ini,

bos salur

Silakan Bapak/Ibu pilih tahun dan tahap yang akan dicek, lalu pada bagian aksi pilih “detail”.

Disitu akan muncul Detail Rekening BOS dan di bagian Nilai Salur, tertera jumlah dana BOS yang dikirim ke rekening sekolah. Disini kita sudah bisa memastikan berapa jumlah anggaran yang kita jadikan acuan menyusun RKAS Perubahan.

nilai salur

Demikian sedikit yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang akan menyusun RKAS Perubahan. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan dari cara cek jumlah dana BOS Salur di atas. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar