Pedoman Kegiatan HAB Kemenag 2022

Hari Amal Bhakti Kemenag Tahun 2022 - Seperti tahun-tahun sebelumnya, tanggal 3 Januari esok atau bertepatan hari Senin, kita para warga madrasah akan memperingati salah satu hari besar yakni Hari Amal Bhakti Kementerian Agama atau biasa dikenal HAB Kemenag.

Seperti diketahui, Hari Amal Bhakti merupakan peringatan hari kelahiran Kementerian Agama (dulunya Departemen Agama). Melihat catatan sejarah, Kementerian Agama lahir pada tanggal 3 Januari 1946 atas usulan para tokoh Islam pada sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Saat itu, Menteri Agama pertama yang ditunjuk adalah H.M. Rasjidi.

Tagline dan Logo

Tagline : Transformasi Layanan Umat

Logo :

logo HAB kemenag 2022

Kegiatan

Apa saja kegiatan untuk memeriahkan HAB Kemenag tahun ini?

Melalui surat edaran nomor 31 tahun 2021, Kementerian Agama telah mengeluarkan panduan kegiatan yaitu:

1. Upacara HAB

Upacara dilaksanakan pada hari Senin, 3 Januari 2022 pukul 07.30 waktu setempat di seluruh satuan kerja Kementerian Agama pusat dan daerah.

Pakaian:
a). Pria: kemeja putih, celana hitam
b). Wanita: atasan putih, bawahan hitam dan bagi muslimah berkerudung putih

2. Rangkaian kegiatan HAB ke-76 tingkat pusat yang dapat diikuti oleh Satker daerah adalah:
1) Ziarah ke makam Pahlawan dan Para Pendahulu Kementerian Agama oleh seluruh Kanwil dan Perguruan Tinggi Keagamaan.
2) Bhakti Sosial (Santunan anak yatim piatu dan donor darah kerjasama dengan DWP dan Palang Merah Indonesia).
3) Kegiatan olah raga.
4) Malam Tasyakuran HAB ke-76.

Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing satuan kerja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat dan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.

Sumber : Tahun 2022 Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 31 Tahun 2021 Tentang Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama RI.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.