Skip to main content

Contoh SK Bendahara Sekolah SD 2022

Bendahara sekolah merupakan salah satu unsur yang harus ada dalam keanggotaan Tim BOS Sekolah (sesuai Permendikbud No 2 Tahun 2022). Untuk itu, kepala sekolah perlu membuat SK Penunjukan atau penetapan salah seorang guru yang diberikan tugas tambahan sebagai bendahara sekolah.

Bendahara sekolah bersama dengan tim bertanggungjawab mengelola keuangan khususnya dana BOS yang diterima sekolah khususnya penatausahaan serta penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Bendahara sekolah atau bendahara BOS?

Dua istilah di atas sering dibedakan, meskipun kenyataan di lapangan banyak lembaga yang menunjuk satu orang untuk mengampu dua tugas di atas sekaligus. Ini dirasa lebih efektif karena banyak lembaga sekolah khususnya negeri yang hanya menggunakan dana BOS sebagai satu-satunya sumber dana sekolah.

Permendagri No 24 Tahun 2020 memakai istilah Bendahara Dana BOS, sedangkan Permendikbud No 2 Tahun 2022 (juknis BOS terbaru) menggunakan istilah Bendahara Sekolah. Pada contoh SK yang akan saya share kali ini menggunakan istilah yang kedua karena dokumen ini akan kita pakai untuk melengkapi administrasi Tim BOS Sekolah.

SK ini memuat keputusan kepala sekolah yang menunjuk salah satu personil/guru untuk melaksanakan tugas sebagai bendahara. Seperti kita tahu, penunjukan bendahara menjadi hal wajib bagi sekolah yang menerima dana BOS. Jabatan bendahara juga bisa diinputkan di dapodik pada menu tugas tambahan.

Baiklah, langsung saja berikut ini contoh SK Bendahara Sekolah SD yang baru saja saya susun. Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan silahkan mengunduh melalui link di bawah ini:

sk bendahara sekolah

SK Bendahara Sekolah.doc

Sebagaimana dokumen SK pada umumnya, SK di atas dilengkapi dengan peraturan-peraturan yang relevan, terutama yang menurut admin paling penting adalah Permendagri No 24 Tahun 2020 dan Permendikbud No 2 Tahun 2022.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi Bapak/Ibu semua dan jika ada kekurangan dalam SK di atas mohon dilengkapi. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar