Aplikasi Kwitansi Excel untuk SPJ BOS

aplikasi kwitansi excel

Memenuhi permintaan dari beberapa rekan bendahara BOS, kali ini admin akan membagikan aplikasi excel yang bermanfaat bagi rekan-rekan dalam menyusun SPJ BOS, yakni aplikasi kwitansi berbasis excel.

Seperti diketahui, kwitansi merupakan dokumen bukti pembayaran atau penerimaan dana BOS yang kita kelola. Kwitansi ditandatangani dan distempel oleh penerima uang atau penjual barang kemudian diserahkan ke pemberi uang atau pembeli sebagai tanda bukti yang sah. Kwitansi inilah yang kita masukkan sebagai bukti fisik pembelanjaan dalam laporan penggunaan dana BOS (SPJ).

Sebelum menggunakan ARKAS, sebenarnya banyak aplikasi pengelolaan dana BOS (baik online maupun offline) yang sudah include fitur cetak kwitansi. Namun di ARKAS ternyata berbeda, kita diharuskan membuat sendiri kwitansi sebagai bukti transaksi.

Sebenarnya jika anda berbelanja lewat SIPLAH, kwitansi tidak diperlukan. Karena SIPLAH sudah memberikan dokumen bukti transaksi lengkap mulai dari invoice hingga BAST. Namun kenyataannya tidak semua pengeluaran bisa melalui SIPLAH sehingga kita harus membuat sendiri dokumen buktinya.

Nah, membuat kwitansi akan lama jika kita membuatnya satu per satu. Sehingga memerlukan aplikasi excel untuk mempermudah tugas kita. Tinggal kita copy data dari Buku Kas Umum (BKU) atau Buku Kas Pembantu Tunai kita bisa mencetak kwitansi dari pengeluaran-pengeluaran yang ada. Berikut ini aplikasi kwitansi yang dimaksud, jika Bapak/Ibu berminat silakan langsung mengunduhnya.

Aplikasi kwitansi excel (format 1) 158kb
Aplikasi kwitansi excel (format 2) 186kb

Silakan Bapak/Ibu pilih yang mudah digunakan, dan sesuaikan data profil sesuai keadaan lembaga. Admin yakni bagi yang sudah terbiasa mengerjakan laporan BOS tidak akan kesulitan memahami dan menggunakan aplikasi di atas.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini tentang aplikasi kwitansi berbasis excel untuk SPJ BOS. Mudah-mudahan bermanfaat..

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.