Skip to main content

Berapa Honor Proktor dan Teknisi ANBK?

honor proktor teknisi anbk

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul terkait pelaksanaan ANBK adalah besaran honor yang diberikan sekolah kepada proktor dan teknisi. Berapa honor yang akan diterima oleh proktor dan teknisi?

Seperti diketahui, proktor dan teknisi memegang peran penting dalam pelaksanaan ANBK. Proktor bertugas mengoperasikan aplikasi ANBK mulai simulasi, gladi, hingga pelaksanaan AN. Sedangkan teknisi bertanggung jawab terhadap kesiapan infrastruktur pelaksanaan AN . Sehingga tugas tersebut memang harus dihargai dalam bentuk honorarium.

Disisi lain, sekolah juga harus membagi anggaran yang dimiliki dengan pengeluaran berkaitan pelaksanaan ANBK. Bukan hanya honor proktor dan teknisi, sekolah terutama SD harus mengeluarkan biaya untuk kelengkapan sarana dan prasarana ANBK.

Dalam Prosedur Operasional Standar (POS) AN dan Juknis ANBK Tahun 2022 tidak dijelaskan secara detil besaran honor baik untuk proktor, teknisi, dan pengawas. Disitu hanya dijelaskan bahwa:

  1. Satuan Pendidikan yang mandiri menanggung honor pengawas, proktor, dan teknisi di satuan pendidikan masing-masing; dan 
  2. Satuan Pendidikan yang menumpang menanggung honor pengawas, proktor, dan teknisi di satuan pendidikan yang ditumpangi

Terkait hal ini, Kemendikbud menjawab pada laman Forum Tanya Jawab BOS dan BOP bahwa, “Honor tim teknis ANBK (proktor dll) diperbolehkan dengan BOS, masuk di komponen pembiayaan “kegiatan asesmen dan evaluasi pembelajaran”. Besarannya bisa saja berbeda-beda tiap sekolah/daerah, tergantung SBM tiap daerah dan besaran dana BOS tiap sekolah.”

honor proktor teknisi pengawas

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa besaran honor untuk proktor dan teknisi tidak ada ketentuan baku, melainkan disesuaikan dengan Standar Biaya Masukan Daerah dan kemampuan anggaran sekolah.

Kenyataan di lapangan, umumnya Korwil atau UPT Dinas tingkat kecamatan bersama-sama dengan sekolah menentukan besaran honor untuk proktor dan teknisi di wilayahnya dengan mengacu pada SBM daerah tersebut dan peraturan yang berlaku.

Proktor dan teknisi adalah tugas tambahan yang punya peran penting mensukseskan ANBK ini, sehingga kepedulian berupa pemberian honor yang layak dan pantas akan membantu mereka menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar