Skip to main content

Tema dan Logo Hari Kesehatan Nasional 2022

hari kesehatan nasional

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Tahun 2022 adalah peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-58.

Sejarahnya penetapan tanggal 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional tak lepas dari perayaan keberhasilan pemberantasan penyakit malaria yang saat itu menjadi masalah besar di banyak daerah. Untuk mengatasinya, pemerintah membentuk Dinas Pembasmian Malaria untuk pertama kalinya pada tahun 1959.

Lembaga tersebut melakukan pembasmian malaria dengan melakukan penyemprotan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) secara massal dengan sasaran rumah-rumah warga di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Dibarengi dengan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat, hasilnya puluhan juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria lima tahun kemudian. Keberhasilan itu menjadi penanda optimisme guna menciptakan kesehatan yang lebih baik untuk semua masyarakat.

Apa tema dan Logo Hari Kesehatan Nasional 2022?

Tema HKN ke-58 Tahun 2022 adalah Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku.

Tema ini menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.

Adapun logo HKN ke-58 Tahun 2022:

logo hari kesehatan nasional

Untuk mengunduh logo berformat PNG, klik disini.

Makna Logo HKN 2022

insirasi logo hkn 2022

Terinspirasi dari Kupu-kupu:
Kupu-kupu menjalani metamorfosis perjalanan yang penuh perjuangan hingga mencapai bentuk yang indah.

Daun sayap kupu:
6 Daun Kupu menyimbolkan 6 pilar transformasi kesehatan, yakni : 1). Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer 2). Transformasi Pelayanan Kesehatan Rujukan 3). Transformasi Ketahanan Kesehatan 4). Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan 5). Transformasi SDM Kesehatan 6). Transformasi Teknologi Kesehatan

logo hkn

Tubuh:
Tubuh kupu-kupu menyimbolkan organisasi kementerian kesehatan. Tubuh merupakan pusat informasi dan kendali seluruh aktivitas yang bekerja sesuai dengan fungsi dan perannya.

Unsur
Dari kepala hingga kaki memiliki tugas dan fungsi serta saling menopang untuk mencapai tujuan bersama.

makna logo hkn

Transisi:
Sayap membentuk angka 58 sebagai bentuk peringatan 58 tahun Hari Kesehatan Nasional tahun 2022.

Makna logo:
Berbentuk angka 58 sebagai bentuk peringatan 58 tahun Hari Kesehatan Nasional tahun 2022.

Kupu-kupu tumbuh dan berkembang melalui proses metamorfosis. Metamorfosis berarti transformasi atau perubahan bentuk. Layaknya kupu-kupu, logo menggambarkan Transformasi Kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Lingkaran pada bagian kepala menyimbolkan matahari yang merepresentasikan Kekuatan, Semangat, Tekad demi mencapai sesuatu yang maksimal. Dua sayap kanan kiri menggambarkan keseimbangan. Ini mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut berperan serta dalam upaya kesehatan.

Sumber: promkes.kemkes.go.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar