Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2023-2024

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2023-2024
soal bahasa jawa

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 6 - Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang dipelajari di tingkat pendidikan dasar menengah (SD/SMP). Bahasa Jawa dipelajari khususnya sekolah di wilayah Provinsi Jawa Timur, DIY dan Jawa Tengah.

Adanya mata pelajaran muatan local Bahasa Jawa sebagai mapel wajib di tingkat dasar merupakan upaya untuk mengenalkan serta melestarikan bahasa daerah. Apalagi saat ini keberadaan bahasa daerah semakin kurang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kelas 6 kurikulum 2013 semester 1, mapel bahasa jawa terdiri dari beberapa pokok bahasan diantaranya jenis-jenis teks informasi (teks berita, deskripsi, persuasi) dan tembang macapat. Adapun untuk tengah semester ganjil hanya meliputi materi teks informasi saja.

Sebagai upaya menyiapkan ujian/penilaian tengah semester ganjil, tidak ada salahnya kita sering mengajak anak-anak mengerjakan soal latihan. Sehingga anak akan lebih terbiasa dengan soal-soal dan harapannya akan mendapat hasil atau nilai yang baik pada saat PTS nanti.

Apalagi untuk siswa kelas 6 yang mana soal PTS juga sekaligus menjadi latihan bagi mereka untuk persiapan menghadapi ujian sekolah nantinya.

Baiklah, berikut ini saya ingin membagikan contoh Soal Penilaian Tengah Semester 1 kelas 6 untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Bagi bapak/ibu yang berminat bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024

Naskah soal di atas terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian dengan materi yang sudah disesuaikan dengan kurikulum 2023 kelas 6.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini berkenaan dengan Soal PTS Kelas 6 Bahasa Jawa. Semoga bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.