Cara Melihat NTPN Bukti Pajak Secara Online

melihat ntpn online

Salah satu hal yang harus kita lakukan setelah mengeluarkan dana BOS adalah membayar pajak. Tidak semua, hanya beberapa kode rekening saja yang bila dikeluarkan maka ada potongan pajak baik itu PPh 21, PPh 23, PPn, atau lainnya.

Setelah membuat billing dan membayarnya, kita kemudian diminta lapor pajak dengan cara memasukkan NTPN ke dalam aplikasi ARKAS. NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) adalah nomor tanda bukti pembayaran/penyetoran ke kas negara yang tertera pada BPN (Bukti Penerimaan Negara).

Namun jika kita membayar pajak secara offline, terkadang lembar bukti bayar pajak yang kita terima kurang jelas huruf dan angkanya sehingga membuat kita kesulitan menginput NTPN. Sementara kita tahu, NTPN terdiri dari gabungan angka dan huruf (16 digit) yang harus tepat saat kita masukkan dalam lapo pajak di ARKAS.

Nah, untuk menghindari kesalahan menginput NTPN ke dalam aplikasi ARKAS, kita bisa melihat NTPN pajak yang kita bayarkan secara online, yaitu melalui laman DJP Online.

Adapun langkah-langkah melihat NTPN melalui DJP Online sebagai berikut:

  1. Login DJP Online yang beralamat di https://www.djponline.pajak.go.id
  2. Pilih menu Layanan
  3. Pilih bagian Rumah Konfirmasi Dokumen
  4. rumah konfirmasi dokumen
  5. Pilih menu Konfirmasi NTPN
  6. Pada bagian Konfirmasi NTPN, pilih pencarian berdasarkan kode billing. Pada kata kunci, masukkan kode billing yang telah kita buat sebelumnya (tanpa spasi). Masukkan kode keamanan, lalu tekan Cari.
  7. konfirmasi ntpn
  8. Sampai disini kita bisa melihat data pembayaran pajak kita secara lengkap, termasuk NTPN. Tinggal kita copy (salin) untuk kita masukkan ARKAS.
ntpn online

Cara di atas tentunya sangat mudah dan menghindarkan kita dari kesalahan menginput 16 digit NTPN. Atau mungkin bagi anda yang kehilangan lembar bukti bayar pajak dan belum menginputnya ke ARKAS, cara di atas juga bisa digunakan.

Demikian paparan tentang cara melihat NTPN bukti pajak secara online, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.