Formulir PPDB SD Tahun 2024 (Word & Excel)

Formulir PPDB SD - PPDB menjadi kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahun. Biasanya di bulan April-Mei, kita sudah mulai menyiapkan semua kebutuhan mulai dari banner, brosur dan formulir pendaftaran. Tak lupa strategi jitu yang kita terapkan untuk menjaring siswa baru agar siswa yang mendaftar ke sekolah kita semakin banyak.

Salah satu berkas yang perlu kita siapkan dalam menghadapi PPDB adalah formulir pendaftaran. Tak jarang sekolah tertentu sudah menyebarkan formulir ke sekolah sasaran jauh hari sebelum masa PPDB agar bisa menjaring siswa baru lebih awal. Ini tentunya merupakan strategi yang cukup bagus dan berpeluang menambah jumlah pendaftar ke sekolah kita.

Adapun format formulir PPDB hendaknya kita sesuaikan dengan isian data dapodik agar ketika ingin memasukkan data siswa ke dapodik menjadi mudah dan lengkap. Meskipun saat ini input data siswa baru di dapodik bisa dengan tarik data dari sekolah sebelumnya, namun adanya formulir pendaftaran dapat membantu kita mencocokkan kebenaran data dari sekolah sebelumnya.

Bukankah saat ini lebih efektif menggunakan formulir online? Benar. Ada banyak sekolah yang sudah memakai formulir online dalam PPDB seperti dengan google form, tetapi menurut saya formulir fisik tetap dibutuhkan mengingat tidak semua calon wali murid punya kemampuan dengan itu. Selain itu, formulir fisik juga mudah kita arsipkan bersama dengan akta lahir, KK dan dokumen siswa lainnya.

Baiklah, berikut ini saya akan membagikan formulir PPDB dalam word dan excel. Bagi Bapak/Ibu yang saat ini sedang mencarinya bisa mengunduh melalui tautan di bawah ini:

formulir ppdb sd
Formulir ppdb.xls 90kb
Formulir ppdb.doc 117kb

File formulir PPDB di atas sudah memuat isian data identitas siswa secara lengkap, data orang tua (ayah dan ibu), dan wali. Sebagaimana penjelasan di awal, isian tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan data di dapodik.

Demikian sedikit yang dapat saya bagikan hari ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi Bapak dan Ibu yang membutuhkan.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.