Contoh Laporan Guru Piket (Format Word)

Laporan guru piket berikut dapat digunakan untuk kelengkapan administrasi sekaligus bukti dukung tugas tambahan pengelolaan kinerja di PMM.
lappran guru piket

Guru piket adalah salah satu tugas tambahan yang diemban oleh guru di sekolah. Tugas pokok guru piket adalah menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan lingkungan sekolah, serta menangani siswa yang tiba terlambat atau pulang lebih awal.

Selain itu, petugas piket juga bertanggung jawab untuk mencari guru pengganti jika diperlukan, mencatat dan melaporkan kasus-kasus khusus kepada Kepala Sekolah, serta melaksanakan berbagai kegiatan terkait tugas piket.

Keberadaan guru piket sangat penting di sekolah, karena selain tugas pokok yang diemban, penugasan guru piket juga berfungsi untuk memberikan kelancaran dalam proses belajar mengajar dan mendisiplinkan peserta didik dalam menjaga ketertiban di lingkungan sekolah.

Guru piket juga menjadi garda terdepan dalam menjaga ketertiban di lingkungan sekolah. Dengan kewajiban untuk memonitor aktivitas peserta djdik, mengawasi pergerakan di sekolah, dan merespon berbagai situasi yang timbul dalam menciptakan suasana serta kondisi belajar yang kondusif.

Pelaksanaan tugas guru piket hendaknya dituangkan dalam bentuk laporan. Laporan tersebut disusun sebagai upaya dokumentasi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas guru piket.

Melalui laporan tersebut, diharapkan dapat tergambar secara jelas sejauh mana efektivitas dan kesinambungan pelaksanaan tugas guru piket dalam mencapai tujuan utama, yakni menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal peserta didik.

Selain itu, dengan adanya laporan tertulis diharapkan dapat ditemukan solusi dan strategi yang lebih efektif untuk memastikan keberlanjuntan dan peningkatan kualitas pelaksanaan tugas guru piket.

Terlebih, saat ini Guru Piket termasuk salah satu tugas tambahan yang diakui dalam Pengelolaan Kinerja di PMM, sehingga dibutuhkan laporan tertulis sebagai salah satu bukti dukung.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin mencoba membagikan contoh Laporan Tugas Guru Piket. Laporan ini berformat docx (Ms word) sehingga bisa dengan mudah Anda ubah sesuaikan dengan kondisi di lembaga.

Baiklah, bagi Bapak/Ibu yang berminat bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

Laporan Guru Piket.docx 197kb

Demikian contoh laporan guru piket bagi rekan-rekan yang membutuhkan, baik sebagai tertib administrasi maupun untuk kebutukan upload tugas tambahan di Pengelolaan Kinerja PMM. Semoga bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.