Informasi Panggilan PPG Dalam Jabatan di PMM

Informasi tentang peserta yang terpanggil PPG Daljab di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Informasi mengenai sertifikasi pendidik melalui program Pendidikan Profesi Guru (Dalam Jabatan) Tahun 2024 sangat ditunggu oleh rekan-rekan guru. Besarnya antusias mengikuti PPG Daljab, selain tentunya untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan menerima tunjangan profesi (TPG), juga menjadi syarat kenaikan jenjang/pangkat dan syarat menjadi kepala sekolah.

Beberapa waktu lalu, beredar informasi adanya pemanggilan peserta PPG Dalam Jabatan di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Peserta yang terpanggil atau tidak bisa mengecek pada laman http://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/index.html . Kabar tersebut dengan cepat beredar di berbagai platform media sosial.

ppg daljab

Salah satu alasan yang membuat berita ini valid dan dipercaya adalah tautan tersebut menuju situs berdomain kemdikbud.go.id, yang merupakan situs resmi dan biasa kita jadikan rujukan untuk mencari informasi-informasi terpercaya dari Kemendikbudristek.

Namun disisi lain, hingga saat ini belum ada regulasi resmi dari Direktorat PPG perihal kriteria peserta, mekanisme seleksi, dan sistem pembelajaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2024. Jika merujuk tahun-tahun sebelumnya, tahap paling awal PPG (seleksi administrasi) selalu diawali dengan terbitnya surat edaran resmi dari Direktorat PPG selaku yang menaungi program PPG Dalam Jabatan.

Informasi dari Direktorat PPG

ppg kemendikbud

Pada 16 Mei 2024, melalui akun instagram @ppgkemendikbud, Direktorat PPG menginformasikan bahwa sertifikasi pendidik melalui program Pendidikan Profesi Guru (Dalam Jabatan) periode tahun 2024 belum dibuka.

Pengumuman pembukaan PPG (Dalam Jabatan) dan informasi terkait alur, keikutsertaan, dan sistem pembelajaran akan diinformasikan lebih lanjut secara resmi bersamaan dengan detail regulasi terkait.

Semua informasi terkait PPG diumumkan melalui kanal resmi PPG yaitu:

  • Website : ppg.kemdikbud.go.id
  • Instagram/TikTok: @ppgkemendikbud
  • Youtube : PPG GTK Kemendikbud

Berdasarkan keterangan di atas, maka perlu sikap yang bijak dari rekan-rekan guru calon peserta PPG. Informasi cek panggilan peserta yang ada di laman http://guru.kemdikbud.go.id/ tidak sepenuhnya salah, mengingat itu adalah laman resmi Platform Merdeka Mengajar yang biasa kita akses setiap hari. Asumsinya, laman tersebut sedang dipersiapkan untuk pelaksanaan PPG Daljab nanti, namun belum resmi dirilis.

Oleh karena itu, kita perlu bersabar kembali sambil menunggu Surat Edaran resmi dari Direktorat PPG perihal pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2024, sambil terus memantau akun SIMPKB masing-masing dan mencari informasi dari kanal resmi Direktorat PPG yang beralamat di ppg.kemdikbud.go.id.

Demikian sedikit uraian mengenai informasi panggilan peserta PPG Daljab di PMM. Semoga bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.