Pengumuman Kelulusan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang JF Guru

Pelaksanaan UKKJ Guru berlangsung pada 29 April s.d 17 Mei 2024. Pengumuman kelulusan dijadwalkan pada tanggal 3-4 Juni 2024.
uji kompetensi kenaikan jenjang

Seperti kita ketahui bersama, Kemendikbudristek telah mengumumkan bahwa saat ini guru yang ingin melakukan kenaikan jenjang jabatan lebih tinggi harus mengikuti uji kompetensi. Uji kompetensi tersebut dinamakan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ).

Kenaikan jenjang yang dimaksud meliputi kenaikan jenjang dari ahli pertama ke ahli muda, ahli muda ke ahli madya, dan ahli madya ke ahli utama.

Bentuk atau instrumen soalnya berbeda untuk tiap kenaikan jenjang. Untuk kenaikan jenjang dari ahli pertama ke ahli muda hanya mengerjakan soal berupa Situational Judgment Test (SJT). Untuk kenaikan jenjang dari ahli muda ke ahli madya selain mengerjakan soal Situational Judgement Test (SJT) juga ditambah studi kasus.

Sedangkan untuk kenaikan jenjang dari ahli madya ke ahli utama berupa Situational Judgment Test (SJT), simulasi coaching dan wawancara.

Pada tahun 2024 ini, UKKJ dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali. UKKJ Periode 1 dilaksanakan pada bulan April, Periode 2 di bulan Agustus, dan Periode 3 pada bulan November.

UKKJ Guru Periode 1 sendiri dijadwalkan berlangsung antara tanggal 29 April – 17 Mei 2024. Pada saat artikel ini dimuat, sudah banyak daerah yang telah melaksanakan tes di TUK (tempat uji kompetensi) yang ditentukan, baik UKKJ ahli pertama ke ahli muda maupun ahli muda ke ahli madya.

Sehingga bagi peserta tinggal menunggu pengumuman hasil tes/uji kompetensi dirilis.

Berapa nilai / skor uji kompetensi kenaikan jenjang guru (UKKJ) periode 1?

Pengumuman Kelulusan UKKJ JF Guru Periode 1

Sesuai dengan linimasa UKKJ Tahun 2024, pelaksanaan tes UKKJ Guru periode 1 berlangsung antara tanggal 29 April s.d 17 Mei 2024. Selanjutnya dilakukan pengolahan data oleh Ditjen GTK (selama bulan Mei).

Adapun pengumuman kelulusan dan penerbitan sertifikat kelulusan dan surat rekomendasi dijadwalkan pada tanggal 3 – 4 Juni 2024.

Berdasarkan linimasa di atas, kita perlu menunggu sambil memantau laman ujikompetensi.kemdikbud.go.id untuk melihat informasi terbaru perihal kenaikan jenjang ini.

Informasi tentang kelulusan UKKJ dan lainnya terkait kenaikan jenjang jabatan guru akan admin update di blog ini. Terima kasih.


Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.