Skip to main content

follow us

Pendataan Siswa Ujian Nasional 2018 – Ada yang berbeda dari pendataan calon peserta UN/USBN tahun 2018. Tahun ini bisa dibilang semuanya serba mandiri dan seluruh pekerjaan menjadi tanggung jawab sekolah. Sehingga bisa dipastikan tugas ops sekolah bertambah.

Sebelumnya kita cukup mengisi pada aplikasi Biodata UASBN yang terus diupdate tiap tahun, sampai operator bisa mencetak Daftar Calon Peserta Ujian Nasional secara bertahap mulai tahap Verifikasi, DNS (daftar nominasi sementara), dan terakhir DNT (daftar nominasi tetap). Untuk file berformat .DBF cukup kita serahkan pada Dinas Pendidikan setempat yang memang diberi kewenangan mengupload file ini.




Pengalaman saya, aplikasi di atas tetap dikerjakan lalu output berupa cetak daftar peserta UN juga dikumpulkan. Namun tak cukup sampai disitu. Operator juga diharuskan mengunduh file .dz dari PDUN dan mengupload kembali di laman BioUN. Inilah yang akan diulas pada artikel kali ini. Sekedar memahat pengalaman biar tidak lupa, sambil berbagi bagi anda yang membutuhkan. Mohon maaf kiranya jika ada beberapa kesalahan.

3 Alur Pendataan Peserta UN 2018


Seperti yang saya ulas di awal, pendataan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumya. Ada 3 tahap yang harus diselesaikan, dan ketiganya mengharuskan data yang valid. Untuk lebih mudahnya melihat alur tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini,




Tahap pertama adalah memeriksa kebenaran data dapodik khususnya siswa calon peserta ujian nasional. Apabila terdapat kesalahan bisa segera dibenahi dan lakukan sinkronisasi. Namun perbaikan lewat dapodik biasanya memakan waktu lama agar datanya bisa berubah. Mengapa? Karena data dapodik dikirim ke server pusat yang tentu saja antriannya sangat banyak. Solusinya adalah memperbaiki data lewat VervalPD.

Lebih lengkap mengenai cara mengatasi kesalahan ini bisa dilihat pada: Memperbaiki Kesalahan Data Calon Peserta UN 2018

Apabila data dapodik sudah fix, kita bisa melangkah ke tahap berikutnya. Tahap kedua adalah mengambil file .dz dari manajemen PDUN, lalu tahap ketiga adalah mengunggah file .dz itu ke dalam BioUN SD/MI. Bagaimana caranya?

Cara Unduh File .DZ dari Manajemen PDUN


Data hasil sinkronisasi Dapodik dan perubahan lewat Verval PD itu masuk ke Manajemen PDUN. Yang pokok pada tahap kedua adalah mengunduh file .dz dan Berita Acara. Saya yakin bagi anda yang bertugas sebagai ops (bukan ops baru) tidak menemui kesulitan. Tapi tidak ada salahnya saya tulis langkah-langkahnya.

1. Masuk ke pdun.data.kemdikbud.go.id. Login menggunakan Username dan Password yang biasa dipakai login dapodik.

2. Pilih menu Calon Peserta UN >> Centang semua nama >> Pengaturan No Kursi >> Unduh File Calon Peserta UN >> Unduh CPUN ke Excel >> Unduh Berita Acara.

Hasil unduhan berekstensi .dz ini tidak perlu kita buka dan cukup kita pindah pada folder yang mudah dicari, agar sewaktu mengupload ulang nanti (tahap ketiga) kita tidak kesulitan mencari.

(Catatan: Cara di atas hanya dikhususkan untuk SD dan sekolah lain yang menggunakan dapodik, untuk madrasah yang menggunakan data Emis, silahkan menyesuaikan).

Cara Upload File .DZ ke Dalam BioUN SD/MI


Tahap terakhir adalah mengupload file yang kita peroleh dari Manajemen PDUN tadi ke dalam BioUN. Untuk tiap-tiap jenjang pendidikan alamatnya berbeda. Berikut alamat login BioUN selengkapnya:
SD/MI >> http://biounsdmi.kemdikbud.go.id/
SMP/MTs >> http://biounsmp.kemdikbud.go.id/
SMA/MA >> http://biounsmama.kemdikbud.go.id/
SMA >> http://biounsmk.kemdikbud.go.id/
SLB >> http://biounslb.kemdikbud.go.id/
Paket >> http://biounpaketabc.kemdikbud.go.id/
Sekolah penyelenggara UNBK >> https://ubk.kemdikbud.go.id/

Untuk jenjang SD/MI berikut langkah-langkahnya:
1. Login pada link di atas
Masukkan Nama User dan Kata Sandi sesuai panduan yang diberikan admin UPT/Dinas Pendidikan.




2. Pilih Upload dari Dapodik/Emis di sidebar sebelah kiri.




3. Jika muncul seperti ini, klik Silahkan Download Flash Player




4. Klik icon Tambah.




5. Cari file .dz yang anda simpan tadi.




6. Klik Upload.




7. Data valid telah tersimpan. OK




8. Mengubah username dan password (optional).
Pilih Akun Saya di sidebar kiri. Isikan username, nama lengkap dan data-data lain yang baru.




Artikel menarik lain: 10 Pekerjaan Wajib Operator Tiap Tahun

Sekian artikel tentang cara unduh dan upload file .dz ke dalam BioUN sebagai tahapan pendataan siswa ujian nasional 2018 untuk SD/MI. Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar