Skip to main content

follow us

Menjelang tutup tahun 2017, mari kita flashback sejenak mengingat kembali apa yang sudah kita lakukan sebagai pendidik di tahun ini. Selain mengajar di kelas yang sudah menjadi tugas utama, di sela aktivitas pastinya kita juga mencari informasi lewat dunia maya. Benar kan?

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi guru zaman now harus aktif mencari info lewat internet. Entah via situs media sosial macam facebook, twitter, whatsapp dan sejenisnya, atau lewat situs pencarian seperti google dan yahoo. Semua itu kita lakukan agar tidak ketinggalan info terbaru. Sebab saat ini hampir semua kebijakan baru disampaikan lewat dunia maya, berbeda dari yang dulu yang serba manual.

Baiklah, kali ini kami akan membagikan penelitian kecil-kecilan kami tentang topik yang paling dicari guru di internet selama 1 tahun terakhir. Ini bisa menjadi gambaran tentang tema apa saja yang paling menarik dan dianggap penting oleh guru dalam kurun 12 bulan. Mungkin juga bisa menjadi gambaran apakah harapan guru di tahun sebelumnnya telah terwujud pada tahun ini.

Dan, tentu saja tak mudah mengungkap hal ini. Diperlukan alat khusus untuk bisa memunculkan data yang baik. Untuk itu, kami menggunakan salah satu tools milik google yaitu Google Trends. Tools ini bisa kita gunakan untuk mencari topik apa yang trending dalam jangka waktu tertentu dengan memasukkan sebuah kata kunci. Cara ini sebenarnya menyisakan kelemahan yakni hanya menampilkan pencarian dari situs Google dan tidak menyertakan situs besar lain seperti facebook, padahal facebook saat ini juga menjadi gudang pencarian informasi guru-guru terutama pada fiture grup yang banyak beranggotakan puluhan sampai ratusan ribu anggota.

Namun ada satu alasan mengapa Google Trends dipilih. Fakta bahwa Google masih menjadi situs pencarian informasi terbesar dunia saat ini (95% pencarian internet dunia diantar oleh Google) adalah alasan paling utama. Anda pun saya yakin masih setia dengan mesin pencari ini saat hendak mengkases informasi, bukan lewat media sosial yang lebih difungsikan untuk interaksi dengan sesama pengguna internet.

5 Topik Populer tentang "Guru" 2017


Baiklah, kembali ke topik tulisan ini. Berikut ini 5 topik yang paling banyak pencariannya di tahun 2017 versi Google Trends dengan kata kunci “guru”:

#1. sim pkb guru





Sejatinya laman SIM PKB beralamat di https://app.simpkb.id/, namun ternyata tidak semua langsung mengkases lewat url tersebut. Kebanyakan justru memilih mampir dulu ke google dengan mengetikkan “sim pkb guru”, “sim guru pembelajar”, “guru pembelajar online” dan sejenisnya. Pilihan kata yang bervariasi ini disebabkan perubahan nama dari SIM PKB yang sebelumnya bernama SIM Guru Pembelajar.

Akun SIM PKB adalah akun masing-masing guru. Sehingga wajar kalau tiap guru mencari topik ini. Ada yang ingin masuk ke akunnya, ada pula yang mencari tutorialnya. Dan ke depan, trend pencarian tentang topik ini dipastikan meningkat, saat guru yang sebelumnya menyerahkan tugas ini pada operator sekolah (OPS) mulai berkurang dan mencoba mengakses sendiri setelah menyadari ini adalah tugas tiap-tiap guru.

#2. sertifikasi guru





Mengikuti trend tahun sebelumnya, info terbaru seputar sertifikasi masih banyak dicari di tahun 2017. Arahnya adalah info kapan pencairan tujangan TPP, cara mendaftar PLPG dan PPG 2017, modul-modul soal PLPG dan info terkait. Di tahun depan, bisa dipastikan pencarian tentang sertifikasi ini akan tetap tinggi, mengingat masih banyaknya guru yang belum terjaring sertifikasi serta pola pencairan TPP yang belum baku.

#3. hari guru 2017

Meskipun diperingati mendekati akhir tahun (bulan November), faktanya pencarian seputar Hari Guru Nasional/HUT PGRI 2017 termasuk yang terbanyak dalam satu tahun. Umumnya rekan-rekan guru mencari inspirasi kata-kata ucapan selamat hari guru, DP/gambar hari guru, puisi tentang guru, lagu hymne guru atau pedoman resmi peringatan hari guru.

#4. lowongan kerja guru





Jumlah alumni perguruan tinggi yang tak sebanding dengan penerimaan guru di sekolah menjadi penyebab info lowongan guru selalu ditunggu-tunggu oleh siapapun. Apalagi saat ini keran guru baru di sekolah negeri telah ditutup, sehingga lowongan di sekolah swasta yang banyak dicari. Dengan semakin meningkatnya sekolah yang memanfaatkan website untuk update info terbaru, maka pencarian lowongan guru termasuk info CPNS lewat situs pencarian seperti ini akan tetap tinggi setiap tahunnya.

#5. bu guru yola

Pencarian tinggi dan baru ada di tahun 2017 adalah tentang bu guru Yola, pemeran sinetron Dunia Terbalik. Maklum saja baru muncul tahun ini, sebab sinetron Dunia Terbalik sendiri baru populer di awal tahun ini. Umumnya netizen tertarik dengan pemeran asli bu guru Yola yang ikut tenar seiring dengan rating tinggi sinetron Dunia Terbalik hampir sepanjang tahun 2017.

Demikian informasi tentang 5 Topik Paling Dicari Guru di Internet Tahun 2017. Sekali lagi, disini kami menggunakan tools Google Trends dan hanya menggunakan satu kata kunci yaitu “guru” karena memang fokus pada pencarian seputar guru. Jika kita menuliskan topik yang lebih teknis seperti dapodik, kurikulum, dan sebagainya, tentu akan menghasilkan kesimpulan yang lebih variatif tentang topik apa yang terpopuler bagi guru di tahun 2017 ini. Sekian, semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar