Skip to main content

follow us

Sucikan hati di hari nan fitri. Kami, admin Panduan Mengajar memohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada tutur kata dalam postingan yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Guru semua. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin (1 Syawal 1439 H).

×
Sejak hari pertama dimulainya Pretest PPGJ beberapa waktu lalu, langsung muncul banyak pertanyaan “berapa nilai saya?”, bagaimana cara melihat nilai pretest saya?” dan pertanyaan lain yang sejenis. Hal ini maklum sebab di layar komputer yang digunakan untuk mengerjakan soal, tidak langsung muncul skor/nilai begitu soal selesai dikerjakan. Beda halnya dengan Postest PKB atau Uji Kompetensi Guru dimana nilainya langsung muncul begitu selesai mengerjakan soal.

Seperti kita tahu, nilai pretest ini menjadi harapan para guru khususnya yang terjaring sebagai peserta. Berharap tes ini adalah jalan awal untuk bisa meraih sertifikat pendidik, dan tunjangan profesi tentunya.

Skor/nilai pretest PPGJ nantinya akan digunakan untuk dua hal berikut:

1. Sebagai seleksi calon peserta PPG dalam jabatan 2018
Jumlah pendaftar akan disesuaikan dengan kuota peserta PPG yang tersedia. Jadi seandainya jumlah pendaftarnya membludak melebihi batas, maka akan ditetapkan standar nilai tertentu untuk menjaring siapa-siapa yang berhak loloss. Inilah alasan mengapa standar nilai tidak ditentukan di awal.

2. Sebagai bahan pertimbangan pemerintah dalam memberi materi penguatan saat melaksanakan program PPGJ nantinya.
Materi yang diujikan pada pretest PPGJ meliputi 4 bidang, yaitu profesional, pedagogik, bakat minat, dan potensi akademik (TPA). Nah skor/nilai yang muncul nantinya akan dilihat mana kompetensi yang kurang dikuasai para guru. Kompetensi inilaih yang akan dijadikan prioritas selama PPGJ berlangsung.

Namun pada pelaksanaan PPGJ nanti akan memakai sistem workshop dan masih berkutat mempelajari empat komponen utama guru, meliputi kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.

Skor/Nilai Pretest PPGJ 2018 Tahap 1 - Update 16 Januari 2018

Setelah sebelumnya hasil pretest sempat dirilis lalu ditutup kembali dengan alasan masih dalam tahap evaluasi, akhirnya pada pagi ini (16/01/2018) hasil final pretest PPG 2018 telah resmi diumumkan.

Silahkan cek hasil prestest anda di:

http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php?pg=pretes atau

http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=pretes

Masukkan NUPTK atau Nomor peserta, sehingga muncul hasil prestest berupa:

Lulus : Skor ujian memenuhi batas minimal kelulusan
Tidak lulus : Skor ujian tidak memenuhi batas minimal kelulusan

Bagi anda yang dinyatakan lulus, juga langsung muncul himbauan untuk melengkapi persyaratan administrasi dan dikirimkan ke Dinas Pendidikan yang menaungi untuk dilakukan verifikasi dan validasi paling lambat tanggal 2 Februari 2018. Baca: Syarat dan Kelengkapan Calon Peserta PPG 2018

Skor/Nilai Pretest PPGJ 2018 Tahap 2 - Update 16 Mei 2018

Bagi rekan guru yang mengikuti pretest di bulan Mei 2018, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai hasil pretest. Hasil akan disampaikan sebelum tanggal 25 Juni 2018, mengingat sesuai jadwal resminya, pada tanggal tersebut sudah dilakukan penetapan calon peserta PPG Dalam Jabatan Tahap 2 dan penempatannya ke perguruan tinggi. Untuk itu, mari kita tunggu bersama sambil terus berdoa mudah-mudahan hasil terbaik menaungi Bapak/Ibu semua.

Demikian informasi mengenai hasil pretest PPG yang telah kita tunggu bersama. Bagi rekan-rekan yang lulus, selamat.. Ayo segera lengkapi berkas yang diwajibkan sebelum tenggat waktunya berakhir. Dan bagi rekan yang belum lulus, bisa mempersiapkan diri sambil memantau info terbaru tentang program PPG berikutnya.

(Informasi terbaru tentang hasil pretest PPG 2018 akan terus admin perbarui di blog ini, terima kasih).

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar