Skip to main content

follow us

Sucikan hati di hari nan fitri. Kami, admin Panduan Mengajar memohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada tutur kata dalam postingan yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Guru semua. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin (1 Syawal 1439 H).

×
Membaca bisa diibaratkan membuka jendela dunia, sebab dengan membaca dapat memperluas pengetahuan kita. Membaca juga bisa meningkatkan kreativitas dan inajinasi seseorang dalam menemukan hal-hal baru yang bermanfaat bagi kehidupan. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Peran orang tua membacakan buku pada anak merupakan sebuah hal penting dalam pengasuhan, sebab bisa mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. Membacakan buku pada anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini.

Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama. Pengaruh keluarga sangat kuat dalam pembentukan kepribadian setiap manusia. Ayah dan ibu memiliki kontribusi penting dalam pengajaran bagi putra-putrinya. Berhasil dan tidaknya orang tua dalam mendidik anak akan sangat bergantung pada kemampuan mengasuh yang dimilikinya.

Salah satu peran orang tua dalam menumbuhkan minat baca pada anak adalah memamahi tahap perkembangan membaca. Dengan memahaminya,orang tua akan tahu bagaimana pola pembelajaran membaca serta media apa saja yang dibutuhkan anak.

Baca juga: Anak Pendiam di Sekolah, Tapi Aktif di Rumah

Tahapan perkembangan membaca pada anak antara lain:
  1. Anak menjadikan buku sebagai media mainan yang menyenangkan. Misalnya membawa buku kesana-kemari, ataupun membolak-balikan halaman buku.
  2. Anak mulai pura-pura membaca buku dan memahami gambar.
  3. Anak mulai menyadari akan adanya tulisan di dalam buku, dan mengenal huruf abjad.
  4. Anak mulai tertarik pada bacaan dalam buku, mengingat tulisan, dan berusaha membaca berbagai tanda.
  5. Anak sudah dapat membaca tulisan dengan lancar tanpa perlu didampingi oleh orang dewasa.

Jika dicermati dari lima tahap di atas, ternyata orang tua harus memperhatikan usia anak dalam mengajari membaca. Tidak bisa dipaksakan, misalnya ketika ia masih menganggap buku itu mainan, sudah mulai dikenalkan dengan huruf. Jika hal ini dilakukan, justru yang didapat adalah kebalikan dari apa yang diharapkan orang tua.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Demikian paparan singkat mengenai tahap perkembangan membaca anak. Semoga bermanfaat.
(Artikel ini dikembangkan dari buku “Menumbuhkan Minat Baca Anak” diterbitkan oleh Dirjen PAUD DIKMAS Kemdikbud RI 2018)

Artikel Lainnya:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar