Skip to main content

√ Cara Mudah Cek NUPTK dan NUKS 2019

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK (PNS dan Non-PNS) yang memenuhi syarat dan ketentuan, digunakan sebagai Nomor Identitas resmi untuk keperluan identifikasi berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

NUPTK bersifat tetap, terdiri dari 16 angka. Sehingga meskipun guru yang bersangkutan pindah tugas mengajar, berubah status kepegawaian, atau perubahan data lainnya, NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah.

NUKS atau Nomor Unik Kepala Sekolah adalah nomor identitas yang dikeluarkan dan dicatat dalam database nasional oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). NUKS terdiri dari 21 digit, diberikan setelah kepala sekolah melalui 2 tahapan yaitu tahap rekruitmen dan tahap pelatihan dan pendidikan (diklat) calon kepala sekolah.

Jadi, perbedaan keduanya sudah sangat jelas. NUKS dimiliki oleh kepala sekolah, sedangkan NUPTK dimiliki guru dan tenaga kependidikan. Persamaan keduanya adalah sebagai nomor identitas yang berlaku secara nasional.

Cara Cek NUPTK dengan Mudah

Untuk melihat 16 digit angka NUPTK, caranya sangat mudah. Anda bisa mengeceknya di pencarian GTK di SIM PKB.

1. Masuk ke gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

2. Isikan kolom Nama GTK/No. Peserta UKG. Karena nanti mungkin nama anda sama dengan guru di daerah lain, lebih baik juga mengisi kolom propinsi dan kota.

3. Klik “Cari GTK” atau tekan enter.

Maka disana akan muncul data anda, nomor UKG, NUPTK, satminkal, dan status.

Cara Cek NUKS dengan Mudah

Untuk mengecek 21 digit NUKS pun bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus login.

1. Silahkan masuk ke lppks.kemdikbud.go.id/nuks/cari.php.

2. Isikan kolom Nama dan Tanggal Lahir.

3. Klik tombol “Cari”.

Akan muncul nomor yang anda butuhkan yaitu Nama, NUKS, NIP, dan status.

Baca juga : Cara Pengajuan NUPTK bagi CPNS dan GTY

Demikian uraian singkat tentang cara melihat NUPTK dan NUKS dengan cepat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Salam.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar