Skip to main content

√ Cara Mudah Melihat Nomor NUPTK Terbaru

cek nuptk

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah nomor induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh guru (PNS maupun non PNS, negeri maupun swasta) yang memenuhi syarat dan ketentuan.

NUPTK digunakan sebagai Nomor Identitas resmi untuk keperluan identifikasi berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan.

NUPTK bersifat tetap, terdiri dari 16 angka. Sehingga meskipun guru yang bersangkutan pindah tugas mengajar, berubah status kepegawaian, atau perubahan data lainnya, NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah.

Setelah guru memperoleh NUPTK, seyogyanya nomor ini dicatat atau disimpan di tempat yang mudah dicari. Sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan untuk pendataan bisa langsung mengirim tanpa menunda terlebih dahulu.

Namun tanpa menyimpannya pun, anda bisa dengan mudah melihat NUPTK secara online. Cara ini tentu lebih praktis karena anda bisa mengeceknya kapanpun dan dimanapun asalkan tersambung jaringan internet. Untuk perangkat juga bisa menggunakan laptop atau smartphone yang anda miliki.

Cara Mudah Cek NUPTK Anda

Untuk melihat 16 digit angka NUPTK, caranya sangat mudah. Anda bisa mengeceknya dengan cara berikut.

1. Silahkan masuk ke gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

cek nuptk

2. Isikan Nama anda pada kolom yang tersedia. Pilih juga propinsi dan kota yang sesuai untuk mempermudah pencarian. Setelah itu, klik Cari GTK.

3. Gulir ke bawah, maka akan muncul hasil pencarian berupa informasi:

  • Nama GTK
  • No. Peserta UKG
  • NUPTK
  • Satminkal
  • Informasi dapodik
  • Status keaktifan di SIM PKB

Jadi, dengan cara tersebut kita tidak hanya bisa ecek NUPTK saja, tapi juga data-data lain di atas.

Itulah uraian tentang cara melihat NUPTK. Bagaimana jika anda belum punya NUPTK? Nah, bagi anda atau teman ada yang belum memiliki NUPTK dan sudah memenuhi syarat, silakan membaca Cara Mengajukan NUPTK untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan NUPTK terbaru. Mudah-mudahan artikel bermanfaat, salam.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar