Soal Ulangan Harian Online Kelas 6 Tema 6

ulangan harian kelas 6, penilaian harian kelas 6 tema 6, soal ulangan online

Ulangan Harian atau disebut juga Penilaian Harian merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk mengukur ketercapaian suatu proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, guru biasanya mengadakan penilaian harian tiap satu subtema (6 pembelajaran).

Jadi begitu pembelajaran 6 selesai, guru membuat soal untuk mengukur capaian hasil belajar terhadap materi yang sudah dipelajari. Ulangan harian juga menjadi bahan evaluasi guru untuk memperbaiki cara mengajar, baik metode yang dipakai, media yang digunakan, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan soal ulangan harian untuk Kelas 6 Tema 6 yang terdiri dari 3 subtema (Subtema 1: Masyarakat Peduli Lingkungan, Subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, Subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat).

Adapun kompetensi yang harus dicapai pada pembelajaran kelas 6 tema 6 dapat dilihat pada gambar berikut:

ki-kd kelas 6 tema 6

Ada dua tipe penilaian yang saya bagikan kali ini. Pertama, penilaian berbasis online, dan kedua penilaian secara manual (file PDF).

Bagi anda yang masih melaksanakan BDR (belajar dari rumah), bisa menerapkan penilaian secara online. Disini kita menggunakan google form, aplikasi yang lebih mudah dan familiar dibanding aplikasi lain sehingga tidak akan menyulitkan siswa. Sehingga diharapkan siswa lebih fokus ke pengerjaan soal dan tidak terbebani aplikasi yang menyulitkan.

Dan bagi yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka atau kombinasi, bisa mencetak file PDF nya. Terserah Bapak Ibu mau menggunakan yang mana, sesuai situasi dan kondisi pembelajaran yang Bapak Ibu terapkan.

Adapun soal berikut berjumlah 25 butir pilihan ganda, yakni 5 soal untuk tiap muatan pelajaran (mapel).

Soal Penilaian/Ulangan Harian Online Kelas 6 Tema 6:

Subtema 1 (Masyarakat Peduli Lingkungan) : bit.ly/PHKelas6Tema6Subtema1

Subtema 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera) : bit.ly/PHKelas6Tema6Subtema2

Subtema 3 (Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat) : bit.ly/PHKelas6Tema6Subtema3

Password: panduanmengajar

Soal Penilaian/Ulangan Harian PDF Kelas 6 Tema 6:

Subtema 1 (Masyarakat Peduli Lingkungan) : Download

Subtema 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera) : Download

Subtema 3 (Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat) : Download

Untuk soal online berbentuk google form di atas, maka siswa harus mengirim tangkapan layar (screenshoot) nilai lalu dikirimkan ke guru. Namun jika menghendaki rekap hasil ulangan, bisa menghubungi saya lewat kontak blog ini.

Selanjutnya:
Soal Ulangan Harian Online Kelas 6 Tema 7

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.